Peluang Bisnis Besar, Anggota APJII Jabar Tumbuh Signifikan

Ilustrasi Internet / Sumber: chtech-id

BANDUNG – Anggota Pengurus Wilayah APJII Jawa Barat tumbuh 40 perusahaan dari 85 Internet Service Provider pada Januari 2019 menjadi 125 ISP pada Mei 2021. Pertambahan jumlah anggota ini seiring dengan peluang bisnis internet di Jawa Barat yang semakin meningkat.

Berdasarkan survei APJII, Jawa Barat menempati posisi teratas dalam penetrasi internet. Setidaknya 35 juta warganya sudah bisa menikmati akses cepat Internet. Kendati demikian, tidak sedikit juga wilayah di provinsi ini yang masih belum mendapatkan akses atau akses yang terbatas.

Melihat peluang tersebut, APJII Jawa Barat terus berupaya mendukung kinerja anggotanya untuk meningkatkan penetrasi. Guna mendukung hal tersebut, Pengurus Wilayah pun menyediakan berbagai fasilitas seperti interkoneksi dengan NAP dan ISP, netralitas link innercity, link IX Jawa Barat – IIX sebesar 1.2 Gbps, rack switch (colo-switch & router), video conference equipment untuk mendukung komunikasi ke kantor APJII pusat, interkoneksi dengan data center provider, hingga aspek non teknis seperti advokasi dengan Balai Monitoring dan berbagai pelatihan sertifikasi. 

Salah satu bidang pelatihan yang menjadi fokus adalah implementasi Internet Protocol version 6 (IPv6). Seperti diketahui, penerapan IPv6 masih rendah di Indonesia. Selain itu, sosialisasi soal pentingnya penerapan IPv6 masih sangat kurang.

Dengan melakukan lokakarya dan pelatihan implementasi IP versi 4 ke IP versi 6 diharapkan bisa lebih cepat dilakukan di semua bidang. Seperti migrasi penggunaan IPv4 ke IPv6 di operator penyelenggara seluler, instansi pemerintah, khususnya terkait layanan ke publik seperti web pengadaan pemerintah dan web layanan masyarakat.

Kemudian implementasi IPv6 di seluruh perbankan dan institusi keuangan, karena dari sisi keamanan, IPv6 jauh lebih baik dari IPv4. Dan terakhir, penggunaan IPv6 dalam skala besar perlu segera diprogramkan (killer application), sambil bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan terkait.

208total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *