APJII Jatim Targetkan Peningkatan Kapasitas Link IIX

Ilustrasi Perangkat IT / Sumber: Internet

SURABAYA – Pengurus Wilayah APJII Jawa Timur menargetkan peningkatan kapasitas link IIX hingga 1 Gbps pada kepengurusan selanjutnya. Saat ini bandwitdth koneksi Surabaya-Jakarta sudah mencapai 1 Gbps. Ketua Pengwil APJII Jawa Timur Antonius Ambar menjelaskan saat ini IIX tersedia di empat lokasi strategis di Kota Surabaya.

Selain persoalan infrastruktur, Pengwil APJII Jawa Timur juga aktif  melakukan koordinasi dengan berbagai instansi. Mulai dari Pemerintah Kota dan Kabupaten hingga kampus-kampus dan Sekolah Menengah Kejuruan di seantero provinsi. 

Dalam menjalankan program-programnya, APJII Jawa Timur didukung oleh oleh 108 anggota aktif. Jumlah ini melonjak signifikan sekitar 140% dalam tiga tahun terakhir. Keterlibatan anggota secara aktif ini membuat pengwil APJII Jawa Timur memiliki berbagai program unggulan.

Di bidang sertifikasi, Pengurus Wilayah telah menggelar berbagai lokakarya dengan beragam tema. Mulai dari Proxmox Virtualization, Wireless Mapping dan Link Budgeting, Tips & Trik High Density WiFi, IPv6, Fundamental Docker untuk Infrastruktur dan lain sebagainya. “Dari sisi IIX, pengembangan selanjutnya fokus pada BGP Community untuk traffic engineering dan route origin validator,” ungkap Ambar. 

Tidak hanya pengembangan kapasitas anggota, APJII Jawa Timur juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Donor darah misalnya, sudah menjadi aktivitas rutin tahunan pengurus wilayah. Hal lain seperti bakti sosial dan donasi juga sudah seringkali dilakukan.

127total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *