Pengwil APJII Kepri Lanjutkan Komitmen Pemanfaatan Palapa Ring Barat

Ilustrasi Palapa Ring / Sumber; Beritamalukuonline.com

BATAM – Pengurus Wilayah APJII Kepulauan Riau berkomitmen mendukung pemanfaatan Palapa Ring Barat guna melanjutkan penetrasi internet di wilayah tersebut.

Ketua APJII Kepulauan Riau Dadik Febriawan menuturkan secara teknis di Kepulauan Riau tidak ada kendala terkait Palapa Ring Barat (PRB) karena sudah ada penyelenggara jaringan yang sudah terkoneksi.

Apalagi menurut informasi Bakti sudah menyetujui kerjasama antara APJII dan pengelola PRB. Saat ini proses tersebut dapat dilakukan oleh perantara penyelenggara jaringan dan harus membuat kesepakatan MOU dengan pihak terkait.  

“Jadi seharusnya lebih mudah untuk direalisasikan rencana ini. Tinggal menunggu kesepakatan harga dari pihak terkait,” ujarnya.

Dadik melanjutkan siapapun penyelenggara Jaringan bisa mengajukan kerjasama dengan PRB dan natinya akan dipilih melalui forum FGD lanjutan.

“Harapan kami  PRB  bisa dipakai oleh anggota dengan harga yang relatif murah dan bisa ikut mensukseskan program Presiden  untuk daerah 3T,” Dadik menambahkan.

Terkait dengan keanggotaan, saat ini ada 35 internet service provider (ISP) yang terdaftar di pengurus wilayah Kepulauan Riau. Dari jumlah tersebut ada 11 anggota yang sudah terkoneksi dengan IIX. 

5795total visits,4visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *