APJII Riau Fokus Tingkatkan Trafik dan Konten IIX

Ilustrasi Data Center / Dok: REUTERS, Benoit Tessier

PEKANBARU – Peningkatan traffic dan bandwidth IIX menjadi fokus utama Pengurus Wilayah APJII Riau saat ini. Hal ini dinilai sangat krusial agar semakin banyak Internet Service Provider (ISP) yang interkoneksi.

Ketua Pengurus Wilayah APJII Riau Didi Winarsyah mengatakan data bulan Mei 2018 menunjukkan traffic IIX di wilayah ini mencapai 30 MB dengan rata-rata traffic puncak mencapai 100 MB. Sementara itu, bandwidth yang tersedia sebesar 100 Mbps. “Selain meningkatkan trafik IIX tentu ada upaya peningkatan konten untuk menarik ISP interkoneksi,” ujarnya.

Guna mendukung hal tersebut, ia menegaskan perlu ada penguatan sumber daya manusia baik untuk kebutuhan teknis maupun non teknis, seperti administrasi, perpajakan, keuangan dan marketing. Didi melanjutkan, saat ini keanggotaan APJII Riau sudah berkembang sangat pesat.

Ketika didirikan pada 2011 hanya ada tujuh ISP terdaftar di mana tiga di antaranya merupakan ISP lokal. Saat ini anggota APJII Riau dan Sumatera Barat sudah mencapai 45 perusahaan dengan 23 di antaranya merupakan ISP lokal.

Didi melanjutkan Keanggotaan APJII di wilayah saat ini masih bersifat sukarela. Dengan demikian masih banyak ISP yang beroperasi di Riau tetapi belum mendaftar ke asosiasi. Hal ini menimbulkan kendala tersendiri ketika terjadi persoalan di lapangan.

“Ada baiknya, selain penguatan regulasi untuk keanggotaan di Wilayah perlu juga tool pendataan yang seragam dari APJII Nasional. Sehingga data keanggotaan secara real di setiap Wilayah, dapat terdata dengan baik,” ujarnya memberi masukan.

Selain fokus pada peningkatan trafik IIX, APJII Riau juga memberi perhatian khusus terhadap persoalan edukasi dan sosial. Gelaran APJII Academy Level 1 rutin digelar di berbagai SMK Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di Kota Pekanbaru. Selain itu, kegiatan APJII Peduli Covid-19 juga digelar dengan memberikan santunan kepada warga yang terdampak pandemi di Kota Pekanbaru.

3058total visits,3visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *