Polda Maluku Utara Undang APJII Diskusi Keamanan Siber

APJII Diskusi Bersama Dir Intelkam Polda Maluku Utara, Sabtu (12/6/2021) / Dok APJII 2021

TERNATE – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) diundang untuk diskusi bersama Direktorat Intelijen Keamanan (Intelkam) Kepolisian Daerah Maluku Utara di kantor DirIntelkam, Ternate, Sabtu (12/6). Diskusi ini membahas tentang smart government. Terutama dari sisi keamanan siber.

Menurut Ketua Bidang Hubungan Antarlembaga APJII, Eva Marlina, persoalan keamanan siber menjadi salah satu concern Kepolisian Daerah Maluku Utara. Sehingga APJII turut diundang untuk menjelaskan tentang keamanan siber.

“Polda Maluku Utara dalam hal ini Direktorat Intelkam, ingin melakukan diskusi dan dengar pendapat saja terkait keamanan siber,” jelas Eva.

Eva menceritakan, Direktur Intelkam Polda Malut Kombes Pol. Hadi Wiyono menerangkan bahwa di era serba digital saat ini, keamanan siber begitu penting. Terlebih penetrasi internet di Indonesia setiap tahun meningkat.

Berdasarkan survei APJII tentang penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia pada tahun 2019-Q2 2020 menyebutkan bahwa sebanyak 196,7 juta dari total populasi Indonesia sekitar 266,9 juta.

Sementara untuk wilayah Maluku Utara, pengguna internet meningkat 93 ribu user menjadi 824 ribu. Sebelumnya pada tahun 2018, pengguna internet di provinsi itu mencapai 731 ribu user.

“Tidak hanya APJII saja yang diundang, tetapi juga stakeholder Polda Maluku Utara seperti Kepala Dinas Kominfo seluruh provinsi Maluku Utara dan BAKTI,” ungkap Eva.

Pertemuan ini rencananya akan dilanjutkan ke pembahasan yang lebih detail lagi bersama Diskominfosan Maluku Utara.

“Sekitar 2 minggu lagi akan dikabarkan kelanjutannya,” ungkapnya.

2265total visits,6visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *