APJII Segera Aktifkan IIX Pontianak

Ilustrasi Data Center / Sumber: nexdatacenter.com

JAKARTA – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tengah mempersiapkan pengembangan Indonesia Internet Exchange (IIX). Pengembangan IIX selanjutnya ini, direncanakan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Ketua Bidang Pengembangan Infrastruktur Jaringan Anggota APJII, Urai Ida Sri Haryani.

“Ya, betul. Saat ini sedang dalam proses,” jelas Ida.

Ida melanjutkan, rencana pengembangan IIX di Pontianak pada dasarnya sudah menjadi program APJII, sehingga tahun ini bisa terlaksana. Menurutnya, IIX Pontianak akan memiliki kapasitas 10 Gbps. Hadirnya IIX Pontianak ini juga tak lepas dari dukungan BAKTI melalui PT Palapa Ring Barat.

“Kita usahakan dan targetkan bulan ini IIX Pontianak harus aktif. Skema untuk interkoneksi tetap berbayar. Namun dengan harga minimum. Ini karena seiring dengan program pemerintah bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta agar utilisasi Palapa Ring harus lebih dioptimalkan,” kata Ida.

Sebelumnya, APJII telah merilis IIX di Balikpapan, Kalimantan Timur. Persiapan pengadaan IIX untuk wilayah Kaltim khususnya di Balikpapan ini dilakukan pada tahun 2019. Sementara, pengaktifan infastruktur internet ini baru dimulai tahun 2020.

“Meskipun baru, kapasitas IIX APJII Kaltim sudah terbilang overload. Makanya, kami sedang mempersiapkan penambahan kapasitas sebagai salah satu program APJII Kaltim di tahun 2021 secara bertahap,” ungkap Heru Setiawan, Ketua APJII Pengwil Kaltim.

Penambahan kapasitas, tak bisa lepas dari permintaan para anggota untuk ikut menyambungkan jaringannya ke IIX APJII Kaltim. Kebanyakan, anggota yang ingin bergabung berasal dari ISP lokal. Merujuk data pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APJII 2020, APJII Kaltim telah memiliki 7 anggota yang sudah terkoneksi dengan IIX per Mei 2020.

“Saat ini posisinya sudah lebih dari 10 anggota yang terkoneksi dengan IIX APJII Kaltim dari 32 anggota,” jelas Heru.

4359total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *