Pandemi Covid-19 Jadi Pelajaran Penting Bisnis Internet

JAKARTA – Pandemi Covid-19 di sisi lain menjadi pelajaran baru bagi seluruh masyarakat. Perilaku yang berubah dalam berbagai aktivitas. Pada akhirnya mengandalkan internet sebagai ‘senjata’ di setiap kegiatan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Jamalul Izza saat diskusi tentang ‘Industri Internet di Indonesia Pasca Pandemi’ yang disiarkan secara live di channel Sekretariat APJII, belum lama ini.

“Covid ini ada sisi positif sebetulnya. Ini guru terbaik yang mengubah masyarakat Indonesia bagaimana belajar secara jarak jauh. Dulu, kalau kita mencoba untuk e-learning sangat-sangat susah. Apalagi meeting online dan lain sebagainya. Tapi sekarang, semua orang itu sudah terbiasa melakukan aktivitasnya secara virtual,” kata dia.

Meski begitu, dari sisi bisnis para anggota APJII tidak seluruhnya bisa mereguk untung dari kesempatan ini. Sebab, kebanyakan dari 500 anggota APJII, bisnisnya mengandalkan dari sisi Business to Business (B2B).

Adi Kusma, President Director Biznet mengatakan, di masa-masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, harus diakui pelanggan B2B Biznet turun drastis. Barangkali, kata dia, penurunan pelanggannya B2B-nya itu turun lebih dari 30 persen.

“Mungkin pelanggan B2B kami drop sekitar 45 persen,” kata Adi.

Meski begitu, lanjut Adi, pelanggan yang menyasar ke ritel atau perumahan naik. Hal ini karena banyak masyarakat yang beraktivitas di rumah sehingga pada akhirnya penggunaan internet naik.

“Kebutuhan untuk pasar ritel memang meningkat. Namun, value-nya tidak sebanding dengan pasar B2B,” jelasnya.

Terlepas dari itu semua, Jamal kembali mengatakan, bahwa pandemi ini merupakan pelajaran penting bagi industri internet. Di mana inovasi dan gebrakan-gebrakan baru perlu dipikirkan dan diterapkan.

“Tetapi juga pelajaran buat kita agar bisnis internet bisa lebih berkembang lagi terutama jika dihadapkan dengan situasi seperti ini nantinya,” jelas Jamal.

1523total visits,6visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *