APJII Gelar Diskusi Virtual Bahas Industri Internet di Indonesia Pasca Pandemi

JAKARTA – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menggelar diskusi virtual bertema “Internet Industry in Indonesia”. Diskusi ini menghadirkan President Director Biznet, Adi Kusma; Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO, dan Gunawan Susanto, Country General Manager Amazon Web Services (AWS).

Adi Kusma, President Director Biznet mengatakan, di masa-masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, harus diakui pelanggan Business to Business (B2B) Biznet turun drastis. Barangkali, kata dia, penurunan pelanggannya B2B-nya itu turun lebih dari 30 persen.

“Mungkin pelanggan B2B kami drop sekitar 45 persen,” kata Adi.

Meski begitu, lanjut Adi, pelanggan yang menyasar ke ritel atau perumahan naik. Hal ini karena banyak masyarakat yang beraktivitas di rumah sehingga pada akhirnya penggunaan internet naik.

“Kebutuhan untuk pasar ritel memang meningkat. Namun, value-nya tidak sebanding dengan pasar B2B,” jelasnya.

Gunawan Susanto, Country General Manager Amazon Web Services (AWS), berpendapat bahwa meski banyak perusahaan yang terpuruk dihantam dampak Covid-19, namun masih ada sektor-sektor industri yang justru meningkat saat kondisi saat ini.

“Di sisi lain, kami justru melihatnya beda. Kami melihat AWS harus membantu customer melihat long term value dan relationship. Proaktif membantu customer melihat arsitektur customer.Itu menjadi fokus utama kami,” jelasnya.

Sementara itu, Karaniya Dharmasaputra, President Director OVO mengatakan era new normal saat ini, banyak sekali peluang-peluang yang menarik dan bisa digarap di industri internet. Hanya saja, harus ada adaptasi yang cukup radikal yang mesti dilakukan.

“Kuncinya adalah bagaiamana kita beradaptasi. Saya percaya sekali akan ada bisnis-bisnis yang tidak akan pernah sama dengan sebelumnya. Saya kira ekonomi ini akan menemukan bentuknya yang baru dan mungkin tidak lagi sama dengan sebelumnya,” jelas Karaniya.

1584total visits,4visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *