Traffic IIX APJII Terus Meningkat

JAKARTA–Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) kembali menggelar Ketum Korner, acara bincang-bincang virtual bersama Ketua Umum Jamalul Izza pada 16 Juni 2020. Tema yang dibahas kali ini sangat menarik yakni ‘Optimalisasi IIX APJII’.

Ketum korner sendiri merupakan serangkaian diskusi yang digelar dalam rangka peringatan ulang tahun APJII ke-24. Acara ini menjadi kesempatan berharga para anggota dan pengurus untuk membahas isu-isu tertentu serta mengupdate informasi terbaru di industri internet. Sebelumnya, Ketum Korner sudah dua kali digelar dengan tema relaksasi industri terutama terkait dengan dana universal service obligation (USO).

Ketua Umum APJII Jamalul Izza mengapresiasi antusiasme anggota yang terlibat aktif dalam diskusi. Ia menegaskan pengurus pusat berkomitmen penuh melakukan update traffic IIX lewat berbagai cara. Saat ini, APJII memiliki IIX yang terpusat di Jakarta dan terkoneksi dengan IIX lainnya yang sudah dibangun di 14 wilayah di Indonesia. 

“Kita melihat terus terjadi peningkatan traffic berkat kerja sama pengurus dan anggota APJII yang selalu melihat bahwa IIX penting buat internet Indonesia,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, Ketua Bidang Operasi dan Pengembangan IIX & Data Center APJII Benyamin P. Naibaho juga memaparkan sejumlah perkembangan terbaru. Ia menegaskan APJII selalu berupaya meningkatkan kualitas layanan dengan berbagai cara. 

Ini misalnya dengan melakukan pemeriksaan rutin ketersediaan daya serta perawatan UPS dan PAC. Demi merespons perkembangan terbaru, anggota NOC dan Tim Squad IIX juga rutin melakukan rapat dua mingguan. “Terkait dengan pandemi Covid-19 ini, tim juga sudah melakukan desinfektan di data center lantai 6 dan lantai 11 APJII,” ujarnya. 

Peningkatan kualitas ini ditujukan agar anggota APJII bisa dilayani dengan baik. Rak Meet Me Room juga sudah diaktifkan sehingga tidak ada anggota yang waiting list. Bahkan APJII juga menyediakan rak cadangan bagi anggota.

Ketum APJII Jamalul Izza berharap agar traffic lokal bisa terus meningkat sehingga bisa mengurangi bandwidth internasional. “Kita ingin Internet Indonesia bisa jauh lebih baik. Semoga kita bisa mewujudkannya bersama-sama dengan para anggota,” ujar Jamal. 

466total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *