APJII ‘Pamerkan’ Program Desa Internet Mandiri di Rapat Kerja Ditjen Telekomunikasi Kemkominfo 2020

Sejak dirilis perdana, program ini sudah menjangkau banyak desa di Kabupetan Aceh Tengah, Banda Aceh, dan Kepulauan Sangihe.

Bahkan dalam tiga bulan terakhir, APJII berhasil menggandeng Pemerintah Kabupaten Jayapura, Pemerintah Kota Ambon, dan Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat, untuk membangun Desa Internet Mandiri di wilayah masing-masing.

Dengan akses internet yang andal dan stabil di desa, kata Jamal, akan membuat produktivitas masyarakat lebih baik dan optimal dengan memanfaatkan teknologi. Sementara dari sisi ekonomi dan bisnis, setiap warga desa mempunyai peluang yang sama besar untuk tumbuh sekaligus mengembangkan pasarnya. Tidak hanya di wilayah yang bersangkutan, tapi nasional bahkan dunia sesuai dengan sifat teknologi internet yang borderless.

Sedangkan dari sisi pemerintah baik pusat maupun daerah, akses internet andal dibutuhkan untuk mendukung layanan-layanan publik supaya bisa diakses oleh seluruh warga.

“Begitulah dimensi manfaat yang sangat luas dari program Desa Internet Mandiri ini,” pungkas Jamal. Namun, Jamal menegaskan program APJII ini berbeda dengan program pemerintah yang membangun akses telematika di desa 3T; tertinggal, terluar, dan terdepan.

1437total visits,7visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *