APJII dan Pemkot Singkawang Teken MoU Percepatan Akses Internet dan Sosialisasi Desa Internet Mandiri

Wakil Walikota Singkawang Irwan dan Ketua Umum APJII Jamalul Izza di Kantor Walikota Singkawang, Kalimantan Barat, 12 Desember lalu.

SINGKAWANG – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) meneken nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat. MoU antara APJII dan Pemerintah Kota Singkawang sebagai upaya percepatan pemerataan akses internet di sana sekaligus sosialisasi program Desa Internet Mandiri.

Penandatangan MoU tersebut dilakukan oleh Ketua Umum APJII Jamalul Izza dan Wakil Walikota Singkawang Irwan di Kantor Walikota Singkawang pada awal Desember tahun ini. Turut mendampingi Jamal, antara lain Bendahara APJII Agus Budi Raharjo, Ketua Bidang Hubungan Antar-Lembaga Eva Marlina, Ketua Bidang Event dan Media Management Much Rifan, dan ketua Bidang Pengembangan Infrastruktur Jaringan Anggota Ida Haryani.

Jamalul Izza, Ketua Umum APJII, mengatakan program Desa Internet Mandiri merupakan insiatif dari Asosiasi untuk menyediakan layanan internet cepat (broadband) bagi masyarakat desa dengan harga terjangkau, serta memberikan keuntungan komersial bagi institusi milik warga desa (Bumdes).

“Prinsip program Desa Internet adalah kerja sama dan kolaborasi antara penyedia jasa internet (anggota APJII), badan usaha milik desa (Bumdes), dan warga desa. Sederhananya, program ini ingin menyediakan layanan internet cepat secara mandiri kepada para warganya,” ujar Jamal.

Menurutnya, program ini juga menawarkan banyak keuntungan bagi desa, baik Bumdes maupun warga. Salah satunya, kecepatan internet yang memadai sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Kemudian layanan ini juga mudah dikelola sendiri oleh warga desa melalui Bumdes.

“Jadi MoU antara APJII dan Pemkot Singkawang akan lebih semakin mengakselerasi desa-desa yang belum terjangkau internet, khususnya di wilayah Kalimantan Barat,” ujarnya.

1267total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *