APJII Jogja dan Balmon Bantu Atasi Krisis Air di Gunung Kidul

Suplai air bersih sangat dibutuhkan warga untuk bertahan hidup / Dok. APJII 2019

YOGYAKARTA—Bencana kekeringan telah melanda sejumlah daerah di Yogyakarta selama beberapa bulan terakhir. Telaga dan sumber mata air yang selama ini menjadi tumpuan warga justru kering akibat kemarau panjang.

Melihat persoalan ini, APJII pengwil Yogyakarta bersama dengan Balai Monitoring (Balmon) Frekuensi setempat berupaya membantu meringankan beban warga tersebut. “Kami membagikan 20 mobil tangki air bersih kepada para warga di Gunung Kidul untuk mengatasi bencana kekeringan ini,” ujar Ketua Pengurus Wilayah APJIII DIY Tigor Jonson.

Sumbangan berupa air bersih ini berasal dari komunitas postel yang disalurkan ke Dusun Tungu, Desa Girimulyo, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Penyerahan sumbangan dilaksanakan pada Jumat, 25 Oktober 2019 oleh Kepala Balmon Frekuensi Kelas I DIY Distiawan, Kepala Bidang Keanggotaan dan Organisasi APJII Handoyo Taher, Ketua APJII DIY Tigor Jonson, serta staf Balmon dan ISP anggota APJII.

Meskipun tidak banyak, sumbangan 20 tangki air bersih ini sangat dibutuhkan oleh warga untuk bertahan hidup. Bencana kekeringan di Gunung Kidul tahun ini cukup parah yang melanda sebanyak 15 kecamatan. Sejumlah warga bahkan harus menjual hewan ternaknya untuk membeli air bersih agar bisa bertahan hidup. Kontribusi APJII dan komunitas Postel sangat penting untuk membantu mengatasi krisis ini.

712total visits,41visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *