APJII Tindak Lanjuti Kerja Sama Kabupaten Aceh Tengah Implementasi Smart City

ACEH – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terus aktif mengimplementasikan program Smart City dan Desa Internet Mandiri di daerah-daerah.

Salah satu wilayah yang potensial dikembangkan adalah Provinsi Aceh. Sebelumnya, pada Juli 2019 APJII sudah lebih dulu menekan MOU dengan Pemerintah Kota Banda Aceh terkait kedua program ini. Inisiatif tersebut dikembangkan dengan tindak lanjut kerjasama antara APJII dan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk pengembangan dan pendampingan implementasi Smart city dan Desa Internet Mandiri 2020.

“Program Desa Internet Mandiri ini adalah inisiatif kerjasama penyediaan layanan internet broadband berkualitas bagi masyarakat desa dengan dengan harga terjangkau, sekaligus memberikan keuntungan komersial bagi institusi milik warga desa,” ujar Ketua Umum APJII, Jamalul Izza.

Jamal menjelaskan program ini akan mendorong desa menjadi mandiri dalam hal pelayanan internet. Nantinya, program ini selain bisa dimanfaatkan oleh desa-desa, juga dapat bekerja sama dengan anggota APJII.

“Kalaupun di desa itu sudah ada BUMDES, kami juga bisa bekerja sama. Sehingga BUMDES pun dapat pendapatan dari desa internet mandiri ini,” tambahnya.

Program Desa Internet Mandiri 2020 ini, lanjut pria asal Aceh ini, punya beragam kelebihan yang menguntungkan bagi desa-desa. Salah satunya adalah kecepatan internet yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa.

Jamal memberikan catatan khusus bahwa kecepatan internet di Program Desa Internet Mandiri 2020 ini tidak akan terkendala geografis dan mudah dioperasikan oleh setiap warga desa.

Selain itu juga, keuntungan yang didapatkan dari program desa Internet Mandiri 2020 tak menunggu waktu lama. Sebab, Internet yang ditawarkan memiliki paket berbasis waktu atau unlimited tanpa batasan quota, atau internet cepat dengan kuota yang memadai dengan harga yang kompetitif dan tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa.

“Inti dari Program Desa Internet Mandiri adalah kedaulatan digital bagi masyarakat desa dengan merebut nilai tambah ekonomi dari bisnis internet,” jelasnya.

1257total visits,3visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *