APJII Luncurkan E-katalog untuk Anggota

Acara peluncuran e-catalogue di Bandung
Sumber: Tribunnews

BANDUNG—Guna memajukan dan mengembangkan bisnis anggota, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) resmi meluncurkan e-katalog.

Sony Setiadi, Kabid Pengembangan Layanan Anggota APJII menjalaskan katalog elektronik (e-catalogue) adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang/jasa tertentu dari berbagai penyedia barang/jasa. Inisiatif ini ditujukan bagi anggota dan oleh anggota. Setiap anggota APJII bisa saling berbagi informasi produknya antara ISP satu dengan yang lain.

“Tujuan dari hadirnya e-katalog ini juga agar semua anggota bisa sama-sama berkembang,” katanya saat peluncuran e-catalogue di Bandung, Rabu (28/8/2019).

Ia mengatakan, e-katalog baru resmi hadir setelah adanya divisi baru di APJII yakni Divisi Pengembangan Layanan Anggota. Divisi ini memiliki tugas atau fungsi membuat terobosan-terobosan serta solusi yang bisa memudahkan anggota APJII. Salah satu terobosan tersebut adalah adanya e-katalog.

Kehadiran e-katalog ini, katanya, memberikan keuntungan bagi anggota APJII yang berjumlah sekitar 1.200. Sejumlah keuntungan tersebut antara lain anggota bisa mendapatkan harga yang lebih murah, termin pembayaran yang fleksibel, serta kepercayaan produk berasal dari perusahaan yang jelas keberadaannya atau legalitasnya.

Dia menjelaskan, dibandingkan jika anggota membeli kebutuhannya di vendor lain belum ada jaminan apakah bisa mendapatkan jasa dan produk yang sesuai. Sementara jika memanfaatkan e-katalog, perusahannya sudah terdaftar jelas karena sama-sama menjadi anggota.

Saat ini belum semua anggota APJII memasukan produknya di e-katalog, namun secara bertahap pihaknya berharap semua anggota bisa masuk di e-katalog ini. Produk yang ada di e-katalog sesuai dengan produk yang dijalankan oleh anggotanya seperti hardware, software, infrastruktur, konten, data center, dan sebagainya.

1331total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *