PRESS RELEASE: APJII Mendapatkan Sertifikasi ISO Pengoperasian Data Center

JAKARTA, 15 Mei 2019 – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) telah mendapatkan sertifikasi ISO terbaru di tahun ini. Sertifikasi ISO tersebut, baru saja didapatkan APJII pada 15 Mei 2019 yang diperoleh dari Lembaga TuV Nord.

Sertifikat ISO bernomor 27001:2013 merupakan ISO yang didapatkan APJII terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Lingkup dari ISO 27001:2013 ini lebih spesifik terkait dengan pengoperasian Data Center.

Menurut Ketua Bidang Operasi & Pengembangan IIX Data Center APJII, Benyamin P. Naibaho, sertifikasi ISO 27001:2013 merupakan bukti bahwa pengoperasian data center yang dikelola APJII telah sesuai dengan standar internasional.

“APJII telah mendapatkan ISO 27001:2013 yang berkaitan dengan pengoperasian data center. Sertifikasi ini menandakan bahwa pengelolaan data center yang dilakukan APJII telah sesuai dengan standar internasional,” kata Benyamin.

Beragam tahapan untuk bisa mendapatkan sertifikasi ini pun tidak mudah. Terdapat audit yang dilakukan oleh TuV Nord sebanyak 2 kali. Tim TuV Nord melakukan pengauditan di semua lingkup manajemen Data Center APJII, mulai dari prosedur kerja dan instruksi kerja yang berkaitan dengan Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada kegiatan operasional data center.

“Pada akhirnya, APJII sangat bersyukur telah menerima sertifikasi ISO yang berkaitan dengan pengoperasi data center. Langkah ini juga sejalan agar anggota semakin yakin atas pengelolaan data center yang selama ini telah dilakukan APJII,” ungkapnya.

Ke depan, APJII akan terus memperhatikan standar kualitas dari pengoperasian data center dengan melakukan upaya sertifikasi. Sejauh ini, APJII telah memiliki 2 sertifikat ISO yakni, ISO 9001:2013 tentang Sistem Manajemen Mutu dan ISO 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

1284total visits,5visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *