APJII dan BSSN Gelar FGD Membahas Keamanan Siber

JAKARTA – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). FGD ini merupakan salah satu langkah konkret kerja sama antara APJII dengan BSSN. 

Menurut Ketua Bidang Hubungan Antarlembaga APJII, Eva Marlina, FGD ini dilakukan agar nantinya ketika BSSN membuat kebijakan yang bersentuhan bisnis internet sesuai dengan kondisi di lapangan. 

“BSSN itu mengganggap partner mereka seperti ISP dan NAP yang dalam hal ini diwakili APJII merupakan garda terdepan dalam hal-hal terkait dengan bisnis internet. Oleh sebab itulah kami diundang untuk melakukan FGD bersama BSSN,” kata Eva.

Dalam FGD tersebut, kata Eva, APJII telah memberikan masukan-masukan kepada BSSN terkait dengan keamanan siber. Eva berharap, usulan-usulan yang disampaikan dalam FGD tersebut, dapat bermanfaat untuk BSSN ketika merumuskan sebuah kebijakan. 

“Semua yang telah kami sampaikan diharapkan juga bisa menjadi pedoman bagi BSSN saat mereka akan membuat regulasi keamanan siber,” terangnya.

Lebih lanjut, Eva bilang, terdapat 50 ISP anggota APJII yang ikutserta dalam FGD bersama BSSN. Tidak hanya ISP dari Jakarta saja, melainkan juga dari beberapa daerah seperti Jawa Timur, Yogyakarta, dan lain sebagainya.

FGD ini berlangsung di kantor BSSN, Jakarta, pada Kamis (11/04/2019). Acara FGD dibagi beberapa sesi mulai dari jam 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Dalam setiap sesi, diikuti maksimal 7 ISP.

2651total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *