APJII Dukung Harkonas 2019

JAKARTA – Pemerintah telah menetapkan adanya Hari Konsumen Nasional (Harkonas). Ketetapan itu tertuang berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012. Di tahun 2019 ini, Harkornas akan diadakan di halaman Lapangan Gasibu, Kota Bandung, pada bulan Maret ini.

Peringatan Harkonas 2019 akan mengangkat tema “Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya”. Dalam momentum Harkonas 2019, Pemerintah terus mendorong untuk meningkatkan keberdayaan konsumen. Fokus tahun ini lebih dititikberatkan dalam mencapai konsumen yang berdaya.

“Konsumen tidak hanya mampu memahami hak dan kewajiban sebagai konsumen, namun bisa menjadi konsumen yang kritis dan berani menyampaikan pendapat,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito dalam keterangan persnya.

“Rasa percaya diri masyarakat dalam bertransaksi bersifat fundamental bagi kesehatan ekonomi suatu bangsa. Kondisi bertransaksi dengan percaya diri ini membangun dinamika pasar dan daya beli konsumen yang efektif, sehingga terbangun pertumbuhan ekonomi nasional berkualitas,” tambahnya.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pun sangat mendukung peringatan Harkonas. Sebab, APJII tidak hanya memfokuskan diri terhadap anggotanya saja. Tetapi juga pemangku kepentingan lainnya. Seperti konsumen.

Menurut Ketua Umum APJII, Jamalul Izza, di era serba teknologi ini konsumen tidak hanya sekadar menikmati hasil produk dari produsen. Namun mereka lebih aktif atau bahkan kritis terhadap layanan yang sudah diberikan. Apalagi munculnya media sosial, konsumen juga butuh kedekatan dengan produk yang dipilihnya.

“APJII sangat mendukung Harkornas ini. Konsumen di mata anggota APJII adalah tulang punggung berjalannya usaha yang dilakukan. Tanpa konsumen, kami pun bukan siapa-siapa. Apalagi saat ini konsumen bukan sekadar menikmati layanan yang kami berikan. Tetapi juga memberikan masukan-masukan yang membangun demi masa depan yang lebih baik,” terang Jamal.

Pada peringatan Harkonas 2019 akan dilakukan serangkaian acara yaitu pemberian penghargaan Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik Peduli Konsumen, peresmian 250 Kantor Unit Metrologi Legal (UML), peresmian 500 pasar yang telah direvitalisasi Kementerian Perdagangan, dan peluncuran program Kang Ujang (Tukang Juru Timbang).

Di samping itu, juga akan diadakan pameran pada 1920 Maret 2019 yang bertempat di Jalan Diponegoro, Bandung, Provinsi Jawa Barat dengan tema “Edukasi Konsumen”. Pameran Harkonas 2019 terbuka untuk umum dan diikuti Instansi Pemerintah, BUMN/ BUMD, Lembaga Perlindungan Konsumen, Perusahaan Telekomunikasi, Pelaku Usaha Perbankan, Perusahaan Transportasi, Pelaku Usaha Ritel, Niaga Elektronik, Perusahaan Jasa Periklanan dan lain-lain.

Di sisi lain, dalam rangka mendukung pelaksanaan peringatan Harkonas 2019 telah ditetapkan logo dan maskot Harkonas 2019. Maskot tersebut digambarkan dengan bentuk binatang lumba-lumba yang menggunakan ikat kepala sunda dan motif batik mega mendung memberikan simbolisasi Harkonas 2019 diadakan di Provinsi Jawa Barat. Sedangkan lumba-lumba merupakan binatang sosial yang cerdas dan berdaya akal untuk melindungi diri dari ancaman.

1026total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *