APJII Siapkan Pemanfaatan Palapa Ring

MoU APJII, APJATEL dengan BAKTI Tentang Pemanfaatan Palapa Ring / Dok. BAKTI 2019

JAKARTA – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL), dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) untuk pemanfaatan Palapa Ring. 

Penandatanganan MoU itu dilakukan oleh Direktur Utama BAKTI Anang Latif, Ketua Umum APJII Jamalul Izza serta Ketua Umum APJATEL Muhammad Arif di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Menurut Jamal, sejatinya langkah ini sudah lama dibicarakan dengan pengurus APJII. Tujuan utamanya adalah untuk mengoptimalkan jaringan Palapa Ring. 

“Kita sebetulnya koordinasi untuk pemanfaatan Palapa Ring ini sudah cukup lama. Ada Bu Ida dan Bu Eva yang aktif melakukan pembahasan ini. Kita pun sudah melakukan survei,” ungkap Jamal. 

Pembahasan yang cukup matang ini, kata Jamal, telah ditindaklanjuti dengan mempersiapkan 14 unit perangkat switching. Perangkat ini nantinya akan terhubung dengan data center milik APJII yang ada di wilayah-wilayah.

“Secara teknis kami sudah siapkan perangkat switching 14 unit dan akan terhubung dengan data center APJII yang di wilayah,” jelasnya.

Proses uji coba pemanfaatan itu akan dilakukan pada 11 Maret mendatang. Pertama kali akan mencoba Palapa Ring Barat. 

Sementara, Direktur Utama BAKTI, Anang Latif mengatakan, MoU bersama APJII dan APJATEL bertujuan untuk mewujudkan efektifitas kerja, pola kerja terpadu, terarah dan berkesinambungan dalam mengoptimalisasi pemanfaatan layanan Palapa Ring. 

“Sehingga, kami membuka peluang seluas-luasnya bagi penyelenggara layanan telekomunikasi untuk dapat memanfaatkan peluang ini dan menjadikannya sebagai prospek bisnis ke depan,” ujarnya.

1479total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *