ISP Sulsel Bakal Bisa Sediakan Layanan FTTH ke Pelanggan

Ketua Umum APJII Jamalul Izza Berfoto Bersama dengan Pengurus Pengwil Sulsel / Dok. APJII 2018

MAKASSAR—Potensi pengembangan bisnis ISP di daerah kini semakin besar seiring dengan komitmen APJII membantu menyediakan infrastruktur jaringan bagi para anggotanya.

Upaya ini direalisasikan melalui kerjasama antara APJII dengan perusahaan penyedia infrastruktur yakni PT Bit Teknologi Nusantara. Dengan kolaborasi ini, PT Bit yang juga juga terdaftar sebagai anggota APJII, akan menyediakan fiber optik yang bisa digunakan anggota APJII lainnya.

“Bit akan membangun jaringan dan menyediakan layanan local loop berbasis fiber optic untuk anggota lain yang tidak memiliki jaringan sendiri,” ungkap Ketua Bidang Pengembangan Infrastruktur Jaringan Anggota, Urai Ida Sri Haryani.

Proyek ini dimulai dari Makassar dan akan dilanjutkan ke seluruh perwakilan APJII. Wilayah Lampung, Riau, dan Bali akan segera menyusul. Dalam hal ini APJII akan memfasilitasi dengan mengkoordinir anggota untuk memetakan pasar di wilayah tersebut sehingga infrastruktur jaringan yang dibangun dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Proyek ini dipercaya akan menghasilkan dampak positif kepada anggota. Bagi ISP yang tidak memiliki jaringan serat optik misalnya, bisa menggunakan infrastruktur PT Bit untuk melayani pelanggan. Anggota juga tidak perlu berinvestasi besar untuk membangun jaringan sendiri.

Menanggapi kerja sama tersebut, Ketua Pengurus APJII Sulawesi Selatan Arry Abdi Syalman mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi program tersebut. Ini merupakan salah satu upaya menciptakan iklim bisnis dan kompetisi yang sehat di lingkungan ISP Sulawesi Selatan.

“Dengan infrastruktur ini teman-teman ISP bisa melayani pelanggan ritel ke rumah-rumah dengan teknologi kabel optic,” ungkapnya.

1471total visits,1visits today

One thought on “ISP Sulsel Bakal Bisa Sediakan Layanan FTTH ke Pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *