Pemprov Sumut Segera Go Digital, APJII Siap Mendukung

MEDAN – Eva Marlina, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), mengatakan pihaknya telah dipercaya oleh pemerintah untuk membantu tugas-tugas strategis dalam mengembangkan jaringan internet di Indonesia. Tak terkecuali bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Misalnya saja baru-baru ini APJII telah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kerja sama itu, lebih menitikberatkan transparansi kepemerintahan melalui teknologi informasi.

“APJII siap bermitra dan mendukung Pemprov Sumut untuk menciptakan pemerintahan yang transparan, melalui sistem berbasis Teknologi Informasi,” kata Eva seperti dilaporkan Medan Bisnis Daily, belum lama ini.

Keseriusan ini, kata Eva, dibuktikan dengan pertemuan APJII bersama Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah. Tawaran dari APJII pun disambut positif oleh Musa.

Pria yang akrab disapa Ijeck ini menyatakan sudah saatnya perkembangan zaman harus diikuti. Langkah-langkah tradisional yang birokratis, perlu dipangkas dan diubah dengan sistem digital yang cepat dan transparan.

“Banyak kemudahan dengan teknologi saat ini, harus kita manfaatkan untuk percepat kerja kita,” kata dia.

Apalagi soal transparansi. Hal ini penting karena dengan sistem berbasis elektronik meminimalisir tindakan kecurangan. Seperti contohnya korupsi.

“Kita tidak bisa cuma mengimbau dan berpesan agar ASN tidak tersandung kasus, seperti korupsi. Tetapi yang lebih penting juga adalah menciptakan prosedur dan sistem yang bisa menghapuskan potensi-potensi timbulnya kesempatan ini,” terang dia.

Terlepas dari itu, APJII memang memiliki beberapa program prioritas, salah satunya adalah menciptakan smart city. Pihaknya ingin memaksimalkan keterlibatan dan dukungan kepada pemerintah terkait soal infrastruktur dan ekosistem teknologi informasi.

“Kita ingin maksimalkan keterlibatan dan dukungan kita kepada pemerintah dalam percepatan pembangunan, termasuk salah satunya itu menciptakan infrastruktur dan ekosistem ramah internet dan TI, baik di tengah birokrasi maupun masyarakat,” ucap Eva.

2658total visits,3visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *