APJII Sediakan Internet Gratis di Posko Bencana

Palu–Relawan APJII Peduli berhasil menyediakan akses darurat jaringan internet di sejumlah titik pusat penanganan bencana di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Beberapa crisis center yang sudah memiliki jaringan internet antara lain Area Makorem 132 Tadulako dan Stasiun RRI di Kota Palu serta di Lapangan Madani, Makoramil Biromaru di Kabupaten Sigi. Adapun di Kabupaten Donggala, para relawan sedang menyiapkan instalasinya.

Arry AS, Ketua Pengurus Wilayah APJII Sulawesi Selatan menuturkan area akses bebas internet akan terus diperluas ke titik-titik pengungsian dan penanganan korban bencana. “Kami akan prioritaskan di daerah yang tidak memiliki jaringan internet sama sekali,” ungkapnya, Jumat (5/10/2018).

Relawan APJII Peduli yang telah bertugas sejak Minggu (30/9) ini juga berhasil menyediakan fasilitas telepon gratis menggunakan perangkat Voice IP/ SIP Trunk yang dapat dipergunakan oleh masyarakat korban bencana maupun relawan secara bergiliran.

Koordinator Bidang IX & Data Center APJII Sulsel, Ahmad Attas selaku penanggungjawab teknis menegaskan perangkat eksisting di lokasi bencana terus ditingkatkan dengan bantuan donasi perangkat dari berbagai vendor.

Sebelumnya, relawan APJII telah dulu melakukan pengumpulan donasi sejak Sabtu (29/9) serta melakukan distribusi bantuan bagi para korban bencana.

Bantuan  berupa makanan, pakaian, sarung, selimut, dan obat-obatan tersebut dikumpulkan di Sekretariat APJII Pengurus Wilayah Sulawesi Selatan untuk kemudian didistribusikan  melalui kapal laut.

 

960total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *