APJII Gelar Pelatihan Jaringan untuk Siswa SMK

Pelatihan sertifikasi APJII

JAKARTA—Guna mendukung ketersediaan tenaga kerja handal di sektor jaringan, APJII berkolaborasi dengan PT Telkomunikasi Indonesia Tbk. dan Direktorat Pembinaan SMK Depdikbud menggelar pelatihan bagi para siswa SMK.

Ketua Bidang Sertifikasi dan Pelatihan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Kun Irianto menjelaskan sebanyak 35 pelajar dari 13 SMK di Jakarta ikut ambil bagian dalam pelatihan ini. Bertempat di Gedung Telkom Graha Merah Putih di Jalan Jenderal Gatot Soebroto, pelatihan ini diadakan selama satu hari (28/08/2018) dengan menghadirkan sejumlah pembicara dari APJII dan PT Telkom.

“Materinya berupa network level-1” ungkapnya.

Kun menegaskan, pelatihan ini penting dilakukan demi menyiapkan tenaga kerja siap pakai di tingkat SMK. Apalagi menurutnya peluang berkarir di industri internet sangat besar karena dunia digital sudah merambah ke berbagai sendi kehidupan. Kebutuhan akan internet juga sudah sangat masif di berbagai sektor seperti perkantoran, perhotelan, perdagangan, dan lain sebagainya.

Tren semacam ini tentunya harus didukung oleh ketersediaan tenaga kerja yang mumpuni tak hanya di bidang aplikasi (soft skill) tetapi juga di sektor hard skill.

Pelatihan jaringan di Jakarta ini rencananya akan mengawali serangkaian pelatihan serupa di berbagai kota lainnya. Para pengurus wilayah akan menggelar acara serupa di daerah masing-masing dengan menggandeng sejumlah partner.

“Insya Allah bulan dengan kita adakan lagi di Bali,” tutup Kun Irianto.

 

465total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *