Resmi Dilantik, Pengwil Sulsel Segera Lakukan Koordinasi

Pelantikan dan Pembentukan Pengurus Wilayah APJII Sulawesi Selatan / Dok APJII 2018

MAKASSAR – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) resmi membentuk kepengurusan wilayah (Pengwil) di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Terbentuknya organisasi di provinsi ini ditandai dengan pelantikan Pengurus Wilayah periode 2018-2021. Pelantikan pengwil dilakukan pada Jumat, (8/6/2018) di Hotel Melia, Makassar.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan perusahaan Internet Service Provider (ISP) yang bergabung. Total ada 5 ISP yang sudah tergabung, terdiri dari 5 ISP dari Sulsel, 1 ISP asal Manado, dan 1 ISP Gorontalo. Ketua Umum APJII Jamalul Izza berkesempatan datang untuk meresmikan dan melantik para pengurus Pengwil Sulsel.

Adapun susunan Pengwil Sulsel ini dikomandoi oleh Arry Abdi Syalman. Kemudian, sekretaris dijabat oleh Wahyudi Eka Setiawan dan posisi bendahara diisi oleh Abdul Malik. Menurut Ketua APJII Pengwil Sulsel, Arry Abdi Syalman, hadirnya APJII di Sulsel diharapkan dapat menjadi manfaat untuk masyarakat di provinsi ini.

“Kami harapkan, hadirnya APJII di Sulsel ini dapat menjadi cikal bakal pertumbuhan dan pengembangan infrastruktur jaringan internet yang dapat melayani seluruh lapisan masyarakat serta menjangkau seluruh daerah di provinsi ini”, ujar Arry.

Dilanjutkannya, beragam program kerja dalam waktu jangka pendek dan panjang telah disiapkan oleh pihaknya. Untuk jangka pendek, terlebih dahulu menyiapkan kantor dan sarana pendukung seperti server IX.

“Pengwil juga akan segera berkoordinasi dengan anggota serta stakeholder terkait untuk menjalankan fungsi APJII,” jelasnya yang juga menjabat sebagai General Manager PT. Trans Nasional Teknologi (Transnet).

Sementara, di jangka panjang program yang akan dilakukan adalah menyusun regulasi yang bertujuan terciptanya bisnis dan persaingan yang sehat, mengembangkan infrastruktur bersama, interkoneksi yang menyeluruh dan menguntungkan seluruh anggota, mengakomodir kepentingan, serta mengadvokasi anggota.

Sebelumnya pada medio Maret lalu, Ketua Bidang Pengembangan Infrastruktur & Pengembangan Wilayah Zulfadly Syam mengatakan sebenarnya di wilayah Sulawesi sempat ada perwakilan APJII, tetapi tidak berlanjut. Sesuai dengan AD/ART, kepengurusan wilayah dapat terbentuk apabila terdapat 3 ISP lokal dan 2 ISP cabang nasional.

“Sulsel memenuhi syarat tersebut sehingga kami mendorong untuk membentuk kepengurusan wilayah yang akan menjadi pengelola internet exchange wilayah Sulsel,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *