APJII Yogyakarta Bahas Isu CDN dan Sharing Wireless Infrastructure

Safari Ramadan Ketua Umum APJII Jamalul Izza bersama pengurus wilayah Yogyakarta pada Rabu (30/5) / Dok APJII 2018

YOGYAKARTA  РSafari Ramadan Jamalul Izza, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) periode 2018-2021, pekan kedua berlabuh di Yogyakarta pada Rabu (30/5). Dalam safari Ramadan kali ini, Jamal ditemani oleh Agus Budi Raharjo, Bendahara Asosiasi. Sekitar 42 anggoata APJII Yogyakarta turut meramaikan safari Ramadan ini.

Taufik M Heriawan, Ketua Pengurus Wilayah APJII Yogyakarta, menjelaskan safari Ramadan ini dimanfaatkan untuk ramah-tamah dan ajang diskusi dengan Jamal, ketua umum Asosiasi yang baru saja terpilih di musyawarah nasional ke-10 Asosiasi di Bali, awal Mei lalu.

“Isu pokok yang dikemukakan para anggota APJII Yogyakarta di hadapan ketua umum adalah penguatan fungsi IX daerah, khususnya sebagai meet-me-room/MMR sudah terhubung dengan IIX Jakarta,” ungkap Taufik.¬†

Isu lain yang didiskusikan, lanjut dia, tersedianya content delivery network (CDN) di IX yang bisa memberikan peningkatan quality of experience di pelanggan-pelanggan ISP yang berada di daerah.  Kemudian, CDN juga bisa memberikan cost saving bandwidth internasional bagi ISP.

“Di kesempatan istimewa ini, para anggota APJII Yogyakarta juga menanyakan apakah APJII bisa membantu anggotanya untuk sharing infrastructure untuk akses pelanggan dengan media wireless. Karena banyak ISP daerah menggunakan wireless untuk melayani para anggotanya,” ujar Taufik.

Di kesempatan istimewa ini, yang jelas para anggota APJII Yogyakarta berharap pengurus pusat yang baru bisa mengemban amanah sebaik mungkin dan APJII semakin memberikan manfaat untuk seluruh anggotanya.

Secara umum, acara safari Ramadan di Yogyakarta ini diisi dengan beberapa kegiatan, seperti pengajian, tausiah, pembacaan doa, yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama, serta ditutup dengan ramah tamah.

231total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *