Meeting Koordinasi APJII Jawa Barat Bahas Problem Bisnis Internet Terkini

 

Meeting koordinasi 2018 APJII wilayah Jawa Barat di Bandung, medio Februari 2018.

BANDUNG – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Wilayah Jawa Barat menggelar meeting koordinasi di Bandung, medio Februari 2018. Acara yang digagas untuk membahas kondisi terkini bisnis internet di Jawa Barat ini dihadiri sekitar 40 ISP yang ada di Bandung.

Sony Setiadi, Ketua APJII Jawa Barat, menjelaskan meeting koordinasi ini digelar dengan pertimbangan bisnis jasa internet atau internet service provider (ISP) semakin ketat. Kondisi ini makin mempersulit ISP menengah ke bawah. Penyebabnya beragam, antara lain ISP besar arogan dan berlaku seenaknya sendiri dan provider fiber optic (FO) yang beralih menjadi ISP. Kemudian perusahaan swasta yang secara ilegal menjadi ISP, komunitas RTRW Net yang bukan melayani RTRW area dan secara ilegal menjadi ISP, dan persaingan internal ISP menengah ke bawah sendiri.

“Dengan pertimbangan kondisi terkini itu, meeting koordinasi ini mencapai beberapa tujuan, seperti kami bisa mendapat harga lebih murah dengan kapasitas lebih besar, sehingga bisa membuat produk yang lebih kompetitif di pasar. Kedua, keamanan klien terjamin karena banyak kasus klien kami diambil oleh provider FO yang berubah menjadi ISP, sementara di infrastruktur bersama ini tidak ada vendor FO yang berbisnis ISP,” ujarnya.

Olah karena itu, lanjut Sony, dengan otoritas yang dimilikinya, APJII Jawa Barat mengeluarkan produk bundling dengan rincian sebagai berikut: open network, artinya semua ISP berhak mengetahui jaringan global infrastrutur bersama ini. Kemudian harga beli yang lebih murah dan kapasitas lebih besar jika dibandingkan operator FO yang ada.

Para perwakilan ISP di meeting koordinasi APJII Jawa Barat, Februari 2018.

Benefit lain yang ditawarkan adalah free intercity link Bandung-Jakarta untuk pembelian package product free colocation switch di rack SisNetwork. Free access ke CDN APJII Jawa Barat, IIX, dan GGC. Special discount untuk pembelian IX dari supported NAP, special price untuk colocation rack dari supported data center, special discount untuk ALI-Cloud dari supported cloud provider, free access streaming TV free to air dari IPTV provider, share revenue dari penjualan produk infrastruktur bersama ke APJII sebesar 5-10 persen.

“ISP yang sudah komitmen bergabung dalam infrastruktur bersama ini adalah SKYline, CIFO, MyNet, Simaya, PC24, Hyperindo, Neuviz, Nusanet, dan sebagainya,” pungkas Sony.

Setelah meeting koordinasi ini, APJII Jawa Baeat akan melakukan menandatanganan kerja sama dengan ISP-ISP yang sudah berkomitmen pada Maret 2018.

2104total visits,3visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *