Pengwil Sumatera Utara Gelar Workshop APNIC Network Security

 

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) wilayah Sumatera Utara menggelar workshop APNIC Network Security / Dok APJII Sumatera Utara

MEDAN – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) wilayah Sumatera Utara menggelar workshop APNIC Network Security guna memberikan pemahaman mengenai konsep protocol dan berbagai aspek penting lainnya terkait dengan implementasi dan pengelolaan sistem keamanan jaringan.

Ketua Pengurus Wilayah APJII Sumatera Utara, Bambang Heru Wijaksono menjelaskan  workshop yang digelar pada 20-22 November 2017 ini  diikuti para peserta dengan sangat antusias. “Jumlah peserta yang hadir sebanyak 28 orang. Mereka berasal dari berbagai elemen seperti ISP, perbankan, kepolisian, dan IT Manager sejumlah perusahaan,” ujarnya.

Workshop intensif selama 3 hari tersebut memfokuskan pada perangkat infrastruktur yang dioperasikan di berbagai level di dalam jaringan dengan tujuan membangun sistem jaringan yang kuat, stabil dan aman dalam melindungi data. Selain itu dibahas juga karakteristik dan struktur serangan jaringan, serta motivasi yang mendorong munculnya aktivitas tersebut. Bagian yang juga penting dalam kegiatan ini adalah proses dan tindakan yang akan dilakukan untuk mengidentifikasi, mengurangi dan mengatasi serangan tersebut.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan mengetahui dan memahami pentingnya keamanan sistem jaringan di level Local Area Network (LAN), serta menguasai metode untuk mengatasi gangguan yang berasal dari luar yang terjadi di Wide Area Network (WAN).

Dengan demikian, peserta dapat mengambil tindakan secara cepat dan tepat terhadap serangan yang berusaha masuk untuk meretas jaringan di perusahaan. Perusahaan juga dapat menghindari kerugian yang diakibatkan adanya serangan-serangan tersebut.

“Kita tahu serangan terhadap jaringan bisa saja terjadi kapan saja, dan beberapa bulan lalu bahkan ada kejadian perbankan yang mengalami hal ini. Jika terjadi maka tentu saja ini akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan tersebut,” jelas Bambang lagi.

Bambang menambahkan keamanan jaringan saat ini bukan hanya menjadi kepentingan penyedia jasa layanan internet semata. Namun, justru sangat diperlukan oleh semua instansi baik pemerintah ataupun swasta.

Sebelum APNIC Network Security ini digelar, sejumlah pelatihan APNIC lainnya sudah lebih dulu dilakukan oleh pengurus wilayah Sumatera Utara. Salah satunya adalah pelatihan mengenai IPv6 dan Routing.

 

353total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *