APJII Buka Peluang bagi Anggotanya Bangun Infrastruktur di Belitung

 

Ketua Umum APJII Jamalul Izza memberikan materi dalam diskusi Literasi Digital di Belitung, medio Oktober lalu.

BELITUNG – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menjadi salah satu narasumber dalam diskusi publik bertajuk “Literasi Digital: Meningkatkan Potensi Ekowisata dengan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di Bumi Laskar Pelangi. Diskusi ini digelar di Gedung Nasional Belitung, pertengahan Oktober lalu.

Yang mewakili APJII adalah sang ketua umum, Jamalul Izza. Dalam kesempatan itu, Jamal memaparkan hasil survei APJII mengenai penetrasi pengguna internet di Indonesia per 2016. Survei tersebut mengungkapkan bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia telah terhubung ke internet. Survei yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet, dengan populasi 256,2 juta orang. Artinya, ada 51,8 persen dari populasi Indonesia adalah pengguna internet.

Karena jumlah pengguna internet di Indonesia semakin tinggi, kata Jamal, pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Belitung seharusnya menggunankan media internet untuk mempromosikan pariwisata dan produk-produknya. UKM-UKM di Provinsi Babel mesti bergerak ke arah pemanfaatan teknologi internet untuk kegiatan pemasarannya, sekaligus untuk mendorong literasi digital dalam pariwisata Belitung.

“Pada kesempatan itu, APJII juga ingin berperan di Belitung dengan membuka peluang-peluang bagi anggotanya untuk membangun infrastruktur di sana. Lantaran pengguna internet di wilayah Belitung ini sangat sedikit. Tujuan lainnya, membuat strategi supaya pengguna internet di sana meningkat secara signifikan,” pungkas Jamal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *