APJII Jabar Gelar Workshop IPv6

Workshop IPv6 di Bandung / Dok. APJII Jawa Barat

BANDUNG – Pengurus Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) wilayah Jawa Barat menggelar workshop IPv6 pada tanggal 28 September 2017 di Hotel Malaka, Bandung.

Wakil Ketua APJII wilayah Jawa Barat, Uray Ida Sri Haryani, mengatakan acara ini digelar untuk melaksanakan program wilayah dan memfasilitasi anggota dalam kaitannya dengan  program pemerintah yang akan memberlakukan IPv6.

“Pelatihan ini sangat penting karena jika kebijakan penggunaan IPv6 diwajibkan oleh pemerintah, maka seluruh anggota APJII sebagai penyelenggara layanan akan lebih siap,” ungkapnya.

Urgensi penyelenggaraan workshop ini juga diakui oleh para peserta. Terbukti para peserta sangat antusias hingga bahkan ada beberapa yang terpaksa ditolak saat mendaftar karena kuota yang terbatas.

Dari total 70 orang peserta yang mendaftar, akhirnya hanya 49 peserta yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara ini. Para peserta ini sebagian besar berasal dari Internet Service Provider (ISP) anggota, institusi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung dan rekanan APJII Jawa Barat lainnya.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan menghadirkan Danu Wiyoto dari CCIE RS Bestpat-Network dan Faisal Rezza dari Jagonetwork.id sebagai instruktur.

Adapun materi yang dibahas antara lain:

  1. IPv4 Issue
  2. Explaining IPv6
  3. IPv6 Addressing
  4. Types of IPv6 Addresses
  5. Dynamic IPv6 Addresses
  6. IPv6 Routing
  7. Using IPv6 & IPv4

Berdasarkan minat dan antusiasme peserta, pengurus wilayah pun berencana mengelar workshop dengan aneka tema lainnya di masa yang akan datang.

 

1273total visits,3visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *