Bulan November Mendatang, APJII Gelar Pameran Internet

Konferensi Pers IIXS 2017 / Dok. APJII

JAKARTA – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) kembali akan menyelenggarakan event nasional Indonesia Internet Expo & Summit 2017 (IIXS) di Jakarta Convention Center (JCC), pada 23 – 25 November 2017. Ini adalah tahun kedua acara IIXS digelar oleh APJII dan bertemakan “Internet Based Service in Hospitality Market”.

Menurut Ketua Umum APJII, Jamalul Izza, tema yang diambil untuk tahun ini, diharapkan turut mengembangkan juga teknologi di industri perhotelan. Terlebih saat ini, kebutuhan industri perhotelan akan jasa layanan internet semakin besar, mulai dari sistim pendaftaran pengunjung hotel (booking system), cloud service, hingga berbagai layanan didalam kamar seperti Internet Protocol Television (IPTV) yang bisa menyediakan layanan multimedia TV yang lebih interaktif.

“Sehingga pengguna bisa melakukan komunikasi timbal-balik secara real time melalui pesawat televisi setelah terhubung dengan sebuah penyedia content melalui internet,” ujarnya.

Alexander Nayoan, Ketua Umum Jakarta Hotel Association (JHA) Alexander Nayoan pun mengutarakan hal yang senada. Dia mengatakan kini banyak pengelola hotel semakin mengandalkan pemesanan kamar melalui internet (online booking).

“Kami di dunia hotel itu sekarang memaksa orang membooking lewat internet. Di sisi lain, juga menghemat biaya operasional hotel,” katanya.

Selain itu, dalam gelaran IIXS 2017 bebarengan pula dengan Indonesia Teknologi Week di mana merupakan momen yang cukup bagus untuk platform digital teknologi memperkenalkan produk-produk mereka dan juga layanannya.

“Ada banyak update produk-produk baru, sehingga para pengguna internet bisa melihat apa saja yang ada di Internet Indonesia. Acara ini juga bisa menjadi kunci perkembangan industri internet dengan beberapa produk baru dari digital teknologi,” ungkapnya.

Berdasarkan data APJII tahun 2016, pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 132 juta pengguna. Jumlah pengguna internet pun terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Saat ini belum banyak masyarakat yang tahu bagaimana kondisi internet di Indonesia. Dengan adanya acara Indonesia Internet Expo & Summit 2017, masyarakat diharapkan mengerti mengenai kondisi internet nasional saat ini. Bagi kami, edukasi mengenai hal ini juga penting untuk diketahui masyarakat luas,” ucap Jamal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *