APJII Dukung Aplikasi SIMRAL untuk Pedesaan

 

JAKARTA – Kemudahan aplikasi nyatanya sangat membantu segala aktivitas yang kerap dilakukan. Mempermudah proses pekerjaan, mempersingkat waktu.

Oleh sebab itulah, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) membuat aplikasi. Aplikasi yang dinamai Sistem Informasi Manajemen peRencanaan, pengAnggaran dan peLaporan atau SIMRAL itu bertujuan untuk mendukung proses pembangunan daerah.

Terbaru, aplikasi itu akan digunakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) juga turut membantu untuk menyukseskan berjalannya aplikasi tersebut. Menurut Ketua Umum APJII, Jamalul Izza, nantinya peran asosiasi yang telah berdiri sejak 1996 itu mendukung dari sisi infrastruktur.

“Yang dengan BPPT kemarin itu kita ketemu juga dengan Menteri Pedesaan untuk aplikasi desa namanya SIMRAL yang mana nanti aplikasi tersebut bisa digunakan seluruh desa,” kata Jamal.

“Di sisi lain, APJII yang memiliki anggota ISP yang tersebar di seluruh Indonesia diperlukan untuk infrastruktur internet atau intranet desa,” tambahnya.

Aplikasi SIMRAL itu, kata Jamal, rencananya akan diuji coba di depan Presiden Jokowi di Pandeglang, Banten.

“Minggu depan rencana akan diujicobakan. Untuk realisasinya kita tunggu dari pihak Kementerian dan infonya secepatnya,” ujarnya.

599total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *